Yusuf dan Suhendar (2007 : 7)
menyebutkan bahwa terdapat tiga kegiatan utama dari perpustakaan sekolah, yaitu
kegiatan penghimpunan, pengolahan dan
penyebarluasan segala macam informasi
pendidikan kepada para siswa, dan guru. Secara lengkap ketiga kegiatan utama
perpustakaan sekolah tersebut akan dijelaskan sebagai berikut.
1)
Menghimpun
atau mengumpulkan, mendayagunakan, memelihara, dan membina secara terus menerus bahan koleksi
atau sumber informasi (bahan pustaka) dalam bentuk apa saja, seperti buku,
majalah, surat kabar dan jenis koleksi lainnya.
2)
Mengolah
sumber informasi yang telah disebutkan di
nomor 1 dengan menggunakan sistem dan cara tertentu, sejak dari
bahan-bahan tersebut datang ke perpustakaan sekolah sampai kepada siap untuk
disajikan atau dilayankan kepada para penggunanya yakni para siswa dan guru di
lingkungan sekolah yang bersangkutan. Kegiatan ini antara lain meliputi pekerjaan
penginventarisasian, pengklasifikasian atau penggolongan koleksi,
pengkatalogan, pelabelan, pembuatan alat pinjam dan lain-lain.
Posting Komentar