Bafadal (2009 : 6) menyebutkan bahwa
perpustakaan sekolah itu merupakan sumber belajar, karena kegiatan yang paling
tampak pada setiap kunjungan siswa adalah belajar, baik belajar masalah-masalah
yang berhubungan langsung dengan mata pelajaran yang diberikan di kelas, maupun
buku-buku lain yang tidak berhubungan
langsung dengan mata pelajaran yang diberikan di kelas. Apabila ditinjau dari
sudut tujuan siswa mengunjungi perpustakaan sekolah, maka ada yang tujuannya
untuk belajar, untuk berlatih menelusuri buku-buku perpustakaan sekolah, untuk
memperoleh informasi, bahkan ada yang tujuannya hanya untuk mengisi waktu
senggang atau sifatnya rekreatif.
Beberapa fungsi perpustakaan sekolah
menurut Bafadal (2009 : 6) adalah sebagai berikut.
a.
Fungsi Edukatif
Segala fasilitas dan sarana yang ada
pada perpustakaan sekolah, terutama koleksi yang dikelolanya banyak membantu
para siswa sekolah untuk belajar dan memperoleh kemampuan dasar dalam
mentransfer konsep-konsep pengetahuan, sehingga di kemudian hari para siswa memiliki kemampuan
untuk mengembangkan dirinya lebih lanjut.
b.
Fungsi Informatif
Mengupayakan penyediaan koleksi
perpustakaan yang bersifat memberikan informasi mengenai hal-hal yang
berhubungan dengan kepentingan para siswa dan guru.
c.
Fungsi Rekreasi
Fungsi ini bukan merupakan fungsi
utama dari dibangunnya perpustakaan sekolah, namun hanya sebagai pelengkap saja
guna memenuhi kebutuhan sebagian anggota masyarakat sekolah akan hiburan
intelektual.
d.
Fungsi Riset dan Penelitian
Koleksi perpustakaan sekolah dapat
dijadikan bahan untuk membantu dilakukannya kegiatan penelitian sederhana.
Posting Komentar