Pelayanan
merupakan unsur utama dalam pencapaian suatu keberhasilan organisasi perpustakaan disebabkan bagian inilah yang
berhubungan langsung dengan pengguna dalam penyebaran informasi serta
pemanfaatan jasa dan fasilitas yang ada di perpustakaan. Pelayanan merupakan
hal terpenting dalam suatu perpustakaan. Dapat didefenisikan demikian karena
setiap pemberian jasa kepada pengguna semua harus melalui layanan sehingga
kebutuhan informasinya dapat terpenuhi. Berdasarkan UU No. 43 Tahun 2007 pasal
14 tentang layanan perpustakaan menyebutkan.
1)
Layanan perpustakaan dilakukan secara prima dan berorientasi bagi kepentingan
pemustaka.
2)
Setiap perpustakaan menerapkan tata cara layanan perpustakaan berdasarkan
standar nasional perpustakaan.
3) Setiap perpustakaan mengembangkan layanan
perpustakaan sesuai dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi.
4) Layanan perpustakaan sebagaimana dimaksud
pada ayat (1) dikembangkan melalui pemanfaatan sumber daya perpustakaan untuk
memenuhi kebutuhan pemustaka.
5)
Layanan perpustakaan diselenggarakan sesuai dengan standar nasional
perpustakaan untuk mengoptimalkan pelayanan kepada pemustaka.
6) Layanan perpustakaan terpadu diwujudkan
melalui kerja sama antar perpustakaan.
7) Layanan
perpustakaan secara terpadu sebagaimana dimaksud pada ayat (6) dilaksanakan
melalui jejaring telematika.
Menurut
Bafadal (2011:124-149) terdapat dua macam pelayanan perpustakaan yang berkaitan
dengan pelayanan pembaca, yakni pelayanan sirkulasi dan pelayanan referensi.
Pelayanan sirkulasi meliputi peminjaman buku, pengembalian buku, dan statistic
pengunjung atau peminjam. Sedangkan pelayanan referensi mencakup pelayanan
informasi dan pelayanan pemberian bimbingan belajar.
Layanan
perpustakaan pada intinya ditujukan untuk kepuasan penguna atau pemustaka. Kepentingan
pengguna dalam memanfaatkan informasi yang tersedia di perpustakaan ada kalanya
berbeda antara satu dengan yang lainnya. Perbedaan tersebut seharusnya dapat memotivasi
pustakawan menambah pengetahuannya dalam bidangnya agar dapat memberi pelayanan
maksimal bagi para pengguna.
Berkaitan
dengan layanan perpustakaan, pustakawan dituntut bersikap ramah, sopan, tekun
dan tidak cepat bosan, setiap memberi jawaban dari semua pertanyaan pengguna
perpustakaan jika perlu memberikan jalan keluar membimbing dan mengarahkan
setiap pengguna. Beranjak dari hal tersebut maka pustakawan harus memiliki
kompetensi sehingga dapat menimbulkan pelayanan yang berkualitas sehingga pengguna
dapat memperoleh informasi yang dibutuhkannya secara optimal dan memanfaatkan
berbagai perkakas penelusuran yang tersedia.
Posting Komentar