MI Al Raudlah MI Al Raudlah Author
Title: Penerapan Presensi Sidik Jari & WhatsApp Gateway di MI Al Raudlah
Author: MI Al Raudlah
Rating 5 of 5 Des:
  MI Al Raudlah Banjarmasin (09/05/2022) – Madrasah Ibtidaiyah Al Raudlah Banjarmasin mulai menerapkan presensi/absensi menggunakan mesin ab...

 

MI Al Raudlah Banjarmasin (09/05/2022) – Madrasah Ibtidaiyah Al Raudlah Banjarmasin mulai menerapkan presensi/absensi menggunakan mesin absensi sidik jari atau fingerprint untuk siswa kelas 3 - 6 setelah semester sebelumnya berhasil melaksanakan uji coba terhadap kegiatan ini.

Fingerprint Presensi siswa (FPS) merupakan sistem presensi yang diharapkan mampu membangun kedisiplinan siswa mulai masuk kelas sampai pulang dari madrasah, Fingerprint merupakan aplikasi presensi/absensi yang difungsikan untuk memudahkan manajemen data kehadiran siswa sekaligus database madrasah berbasis teknologi sidik jari. Disamping melatih kesiplinan siswa, budaya antre dengan tertib dan sopan bisa didapatkan ketika siswa melaksanakan proses absensi tersebut.

Saat ini sistem FPS sudah dikembangkan dengan fitur WhatsApp Service Gateway (WA Geteway). Sistem ini memungkinkan orang tua untuk memastikan putra putrinya belajar dengan baik sesuai dengan jadwal, dapat mengetahui apakah anak sudah berada di madrasah ataukah sudah pulang. Setiap siswa yang melakukan scan absensi pada mesin fingerprint otomatis langsung dikirim kepada orang tua/wali siswa melalui WA di smartphone.

Proses absensi dengan fingerprint ini akurat dikarenakan proses absensi tidak dapat diwakilkan sebab identifikasi kehadiran siswa menggunakan sidik jari (finger print) dari siswa tersebut, sehingga bisa terlihat siapa datang paling awal dan datang terlambat bahkan yang tidak hadir di madrasah.

Dipilihnya kelas 3 - 6 untuk melaksanakan presensi sidik jari ini bukan tanpa alasan, karena kelas 3 - 6 sudah termasuk kelas yang mandiri dalam artian sudah jarang kehadiran dan kepulangan mereka diantar dan dijemput di madrasah, sehingga presensi sidik jadi yang terintegrasi dengan WA Gateway ini diharapkan akan sangat membantu wali siswa dalam mengetahui informasi kehadiran, kepulangan dan kedisiplinan anak.

Kedepannya sistem WA Gateway ini akan terus dikembangkan bukan hanya untuk presensi kehadiran saja tapi juga mencakup sistem keuangan dan penilaian siswa, sehingga segala hal yang berkaitan dengan administrasi keuangan dan penilaian siswa bisa langsung terkirim ke WA orang tua siswa yang sudah terdaftar.


About Author

Advertisement

Next
This is the most recent post.
Previous
Posting Lama

Posting Komentar

 
Top
 
Selamat datang di Web Resmi Madrasah Ibtidaiyah Al Raudlah....... Terima Kasih Atas Kunjungan Anda........

Install aplikasi Portal SIM Al Raudlah

Tambahkan aplikasi SIM Al Raudlah di smartphone Download Aplikasi SIM Al Raudlahkemudian pilih "Install Aplikasi di smartphone Anda.