MI Al Raudlah MI Al Raudlah Author
Title: Cara Mencari Titik Koordinat Latitude Longitude Madrasah
Author: MI Al Raudlah
Rating 5 of 5 Des:
Salah satu pertanyaan Operator Madrasah ialah Titik Koordinat Latitude-Longitude , yang ternyata memang ada form isian tentang Koordin...
Cara Mencari Titik Koordinat Latitude Longitude Madrasah
Salah satu pertanyaan Operator Madrasah ialah Titik Koordinat Latitude-Longitude, yang ternyata memang ada form isian tentang Koordinat Latitude dan Longitude di simpatika. Nah kita coba posting di sini, siapa tau berguna bagi operator madrasah lain yang masih belum tahu cara mencari Titik Koordinat Latitude-Longitude.

Kalau kita cari di google ada beberapa cara untuk mendapatkan Titik Koordinat Latitude-Longitude tersebut. Bisa menggunakan google map, GPS atau dengan cara yang lain.
Di sini kita berbagi cara yang kami anggap paling mudah dalam menemukan Titik Koordinat Latitude-Longitude, yaitu dengan menggunakan iTouch Map. Gambar peta lokasinya juga disediakan di sana. Memilih iTouch Map karena kami anggap lebih praktis, kita tinggal mengetikkan nama lokasi, jalan, atau tempat, plus kota dan provinsinya, jika perlu tambahin nama negara, maka akan segera muncul Titik Koordinat Latitude-Longitude yang kita cari.
Singkatnya silakan langsung kunjungi iTouch Map.
Pengertian Latitude-Longitude
Latitude adalah garis yang melintang di antara kutub utara dan kutub selatan, yang menghubungkan antara sisi timur dan barat bagian bumi. Garis ini memiliki posisi membentangi bumi, sama halnya seperti garis equator (khatulistiwa), tetapi dengan kondisi nilai tertentu. Garis lintang inilah yang dijadikan ukuran dalam mengukur sisi utara-selatan koordinat suatu titik di belahan bumi.
 
Latitude di bedakan menjadi 2 wilayah, yaitu utara atau yang biasa kita sebut lintang utara dan selatan atau yang biasa kita sebut lintang selatan, dimana nilai koordinat di bagian utara selalu positif dan nilai koordinat di bagian selatan adalah negatif.
Berikut nilai-nilai yang dijadikan patokan ukuran garis lintang ini.
1. Garis paling atas (kutub utara) = 90 derajat
2. Garis paling tengah (equator) = 0 derajat, dan
3. Garis paling bawah (kutub selatan) = -90 derajat.
dengan “mem-persamakan” derajat ke dalam bentuk satuan kilometer (km) maka ukurannya seperti ini :
1 derajat latitude = 111 km
1 menit latitude = 1.85 km

Sedangkan longitude adalah garis membujur yang menghubungkan antara sisi utara dan sisi selatan bumi (kutub). Garis bujur ini digunakan untuk mengukur sisi barat-timur koordinat suatu titik di belahan bumi.

Sama seperti equator pada latitude yang berada ditengah dan memiliki nilai 0 (nol) derajat, pada longitude, garis tengah yang bernilai 0 (nol) derajat disebut garis
prime meridian (garis bujur). Sedangkan garis yang berada paling kiri memiliki nilai -90 derajat, dan yang paling kanan memiliki nilai 90 derajat.

Longitude juga dibedakan menjadi 2 wilayah, yaitu bujur timur dan bujur barat, dimana koordinat yang berada di timur selalu bernilai negatif, dan sebaliknya yang berada di barat selalu positif. Nilai satuan ukuran derajat menjadi kilometer pada longitude juga sama seperti pada latitude.
Jadi, dalam metode pengukuran koordinat, suatu titik terlebih dulu diukur derajatnya berdasarkan latitude dan longitude-nya, setelah itu barulah di translasikan kedalam bentuk satuan kilometer, baik itu dalam format degree (DDD) maupun degree-minutes-second (DMS).

Fungsi Latitude dan Longitude
Fungsi Latitude dan Longitude adalah untuk mengukur jarak antara satu titik dengan di titik yang lain. Titik koordinat menjadi hal yang penting saat membaca peta. 

Titik koordinat diterapkan dalam sistem navigasi pelayaran, dan penerbangan, di mana pun berada. Koordinat dalam peta juga dipakai saat melakukan evakuasi pengambilan korban, di tengah hutan dan pencarian di laut.

Semoga bermanfaat.

Reaksi:

About Author

Advertisement

Posting Komentar

 
Top
 
Selamat datang di Web Resmi Madrasah Ibtidaiyah Al Raudlah....... Terima Kasih Atas Kunjungan Anda........