MI Al Raudlah Banjarmasin MI Al Raudlah Banjarmasin Author Madrasah Ibtidaiyah Al Raudlah - MIS Al Raudlah (sering dibaca ar raudhah - al raudah - ar raudah) Banjarmasin adalah salah satu sekolah Agama swasta tingkat dasar berdiri tahun 1968
Title: Teknik Bermain Pianika bagi Pemula
Author: MI Al Raudlah Banjarmasin
Rating 5 of 5 Des:
1. Pianika  Piano adalah alat musik yang dimainkan dengan jari-jemari tangan      Pada abad ke – 19 sejarah pianika dimulai, na...
Teknik Bermain Pianika bagi Pemula
1. Pianika 
Piano adalah alat musik yang dimainkan dengan jari-jemari tangan
     Pada abad ke – 19 sejarah pianika dimulai, namun keberadaan alat musik pianika ini baru diakui sejak tahun 1950, alat musik yang mirip dengan melodika. Hohner adalah orang yang menciptakan alat musik pianika ini sebagai instrumen yang mempunyai  bentuk modern. Tahun pertama Melodika dipercaya sebagai musik instrumental, yaitu pada tahun 1960. Lalu seorang komposer yang bernama Steve Reich memanfaatkan melodika ini untuk memperlihatkan beberapa karyanya yang berjudul Melodica, itu menginjak pada tahun 1966.
Teknik Bermain Pianika bagi Pemula
  Tidak lama juga pada tahun 1966, hal yang sama juga dilakukan oleh Phil Moore seorang musisi Jazz. Dia memasukan alunan instrumen ke dalam albumnya oleh Atlantik Record yang berjudul Right On. Singkat cerita ternyata cara atau teknik yang dibuat ini berkembang dan mempengaruhi seorang  musisi Jamaika yang bernama Agust Pablo dalam dunia musiknya yang beraliran reggae juga dub yang terkenal di tahun 1970 – an. Bukan hanya itu, ternyata di Indie, melodika dipakai sebagai musik rakyat oleh beberapa musisi seperti Emmanuel Del Real of Cafe Tacvba, Rabbit of Steam Powered Giraffe, dan Paul Duncan of Warm Ghost. Melodika ini terdiri dari beberapa jenis yaitu :
Melodika Soprano, Alto, memiliki nada tinggi dan cenderung terdengar tipis jika dibandingkan dengan tenor.
Melodika Tenor, adalah melodika yang mempunyai nada paling rendah dibandingkan dengan melodika yang lain.
Melodika Bass, adalah melodika yang unik namun sukar sekali terdengar dan digunakan seperti jenis melodika yang lain.
The Accordina, adalah jenis melodikal yang mempunyai suara hampir sama dengan melodika tradisional.  
Alat musik ini kebnyakan terbuat dari bahan plastik, tapi ada juga yang dibuat dari baha kayu. Suara yang dihasilkan dari melodika kayu ini terdengar lebih kaya dan lebih hangat dibandingkan dengan yang terbuat dari pelastik. The Victiria adalah perusahaan accordion di ancona, italia, salah satu perusahaan yang membuat melodika berbahan kayu.
Teknik Bermain Pianika bagi Pemula
      Alat musik tiup (pianika), pada umumnya digunakan sebagai sarana pendidikan di sekolah TK, SD, menengah pertama, maupun sekolah menengah atas. Jadi, tidak heran kalau banyak yang menggemari jenis alat musik yang satu ini. Sebelum kamu mengetahui cara belajar pianika, sebaiknya kamu mengetahui kunci dasarnya dahulu. Kuci dasar pianika sama seperti dengan kunci dasar alat musik keyboard. Jika kunci pianika sudah benar – benar kamu hapalkan, selanjutnya kamu bisa melanjutkan pembelajaran pianika ke tahap selanjutnya. Pianika sendiri berguna sebagai pengiring dan pemanis di setiap instrument lagu. Pada bagian melodi pokok, maupun kontra melodi.
Cara Cepat Belajar Pianika Bagi Pemula :
   Kegunaan dari Tuts Pianika. Tuts putih berfungsi sebagai nada pokok lagu, sedangkan tuts hitam berfungsi untuk memainkan nada – nada kromatis dari setiap lagu.
Cara Memainkan Pianika. Tangan kiri digunakan untuk memegang pianika, sedangkan tangan kanan untuk menekan tuts pianika, dan mulut yang meniup pipa pianika.
Jari tangan harus lemah dan lembut, sehingga akan leluasa saat memainkan pianika. Selain itu, setiap jari tangan kanan harus mempunyai tugas satu – persatu untuk menekan tuts – tuts tertentu.
Latihan Fingering Tangan Kanan. Ibu jari (1) – Jari telunjuk (2) – Jari tengah (3) – Jari manis (4) – Jari kelingking (5). Lakukan penjarian menggunakan interval nada – nada dasar, seperti nada C – D – E – F – G.
Belajar mengolah teknik pernafasan. Usahakan jangan sekaligus menghirup atau mengeluarkan nafas secara serentak. Lakukan secara perlahan, sehingga akan mendapat pernafasan yang baik, dan menghasilkan bunyi suara yang lemah dan lembut.
Untuk menguasai permainan pianika, tentunya dibutuhkan latihan dan beberapa teknik pembelajaran yang baik pada umumnya. Jadi, bagi pemula yang belajar pianika secara otodidak, harus berhati – hati dan rajin mengikuti latihan pianika secara teratur.
2.keyboard
hampir sama dengan pianika/ piano
Keyboard adalah sebuah alat musik yang dimainkan seperti piano, hanya saja keyboard bisa memainkan beragam suara, seperti terompet, suling, gitar, biola sampai perkusi perkusian. Dengan keyboard, kita juga bisa bermain layaknya sebuah band.
berikut perbedaan piano atau keyboard melalui tampilannya:
Teknik Bermain Pianika bagi Pemula
Piano Classic
Teknik Bermain Pianika bagi Pemula
Piano Electric
Teknik Bermain Pianika bagi Pemula
Keyboard
*sumber gambar dari google.com
Nah,, sekarang sudah tau kan perbedaannya?
kalo begitu langsung aja kita mulai Cara Belajar Piano/ Keyboard dari dasar
Agar bisa memainkan Piano dan Keyboard, hal yang paling dasar/ utama kita harus mengerti apa itu Chord dan Not, dan cara pengaplikasiannya di alat musik itu sendiri.
-Not dan Chord-
Not adalah lambang nada
Chord atau Akord adalah kumpulan tiga not atau lebih yang bila dimainkan secara bersamaan terdengar harmonis. Chord/Akord bisa dimainkan secara terputus-putus ataupun secara bersamaan. Akord ini digunakan untuk mengiringi suatu lagu.
( 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, i/ do, re, mi, fa, sol, la, si, do ) dilambangkan sebagai Not
( C, D, E, F, G, A, B, C ) dilambangkan juga sebagai Chord
di nada standar penempatan not dan chrod pada tuts keyboard/ piano seperti ini:
Not           Chord
Do       =       C
Re        =       D
Mi        =       E
Fa        =       F
Sol       =       G
La        =       A
Si         =       B
Do'      =       C'
dan berikut gambarnya agar lebih jelas:
Teknik Bermain Pianika bagi Pemula
                                                      *sumber gambar google.com
Tapi, bisa juga   Do  =   D /  Do   =   E dan seterusnya. Pergeseran nada itu disebut jugaTranspose Nada.
Digambar atas bisa dilihat ada tuts yang berwarna hitam, itu disebut nada miring ada juga yang menyebutnya nada datar dan lambangnya adalah # / ♭
# dibaca Kres : Naik setengah nada
♭ dibaca flat/ mol  : Turun setengah nada
Contoh:
untuk tuts hitam di depan not D/ Re yaitu  D# 
untuk tuts hitam di belakang not D/ Re yaitu D♭
berikut jika kita lihat di dalam gambar:
Teknik Bermain Pianika bagi Pemula
*sumber gambar google.com
kesimpulan dari gambar diatas adalah,
C#   =   D♭
D#   =   E♭
F#   =   G♭
G#   =   A♭
A#   =   B♭
Sekarang kita sudah mengerti dimana saja tata letak not dan chord pada tuts keyboard/ piano. Selanjutnya kita membahas tentang Chord, diatas disebutkan bahwa chord adalah kumpulan dari tiga not atau lebih yang jika dimainkan secara bersamaan akan membentuk suatu suara yang harmonis.
Agar lebih mudah dipahami berikut adalah gambar - gambar dari setiap kunci Chord, gambar dibawah ini menunjukan chord standar yang terdiri dari tiga not, 
                                          Chord Major
Teknik Bermain Pianika bagi Pemula
Yups! sudah pahamkah sekarang dengan tata letaknya?
jika masih bingung atau malas untuk menghafal, ada cara mudah untuk mengingat Chord. saya pribadi menggunakan rumus 1 - 5 - 4.
rumus 1 - 5 - 4 adalah rumus untuk menemukan not ke 2 dan ke 3 agar menjadi 1 kunci Chord dimana
1 = Chord awal yang ingin kita cari
5 = tuts ke 5 dari tuts awal
4 = tuts ke 4 dari tuts ke 5
gambarnya jadi seperti ini :
Teknik Bermain Pianika bagi Pemula
Cukup mudah kan? ^ ^
dan perlu kita ketahui jari yang kita gunakan biasanya untuk menekan chord adalah 
kelingking - telunjuk - jempol
Kelingking = not pertama
Telunjuk = not kedua
Jempol = not ketiga
biasanya untuk penempatan jari seperti ini tergantung dari kenyamanan kita masing - masing, tapi kebanyakan orang memang merasa lebih nyaman menggunakan 3 jari diatas untuk chord dasar seperti ini.
Selain Chord Major ada juga namanya Chord Minor. Ibarat chord major adalah suara bakunya, chord minor itu suara falsnya.
Penekanan tuts pada keyboard/ piano pun hanya beda sedikit. yaitu menurunkan nada yang ditengah 1/2 nada.
Contoh :
Chord C Major =  1 - 3 - 5
berarti C Minornya (Cm) = 1 - 3♭ - 5
Chord D Major = 2 - 4# - 6
berarti D minornya (Dm) = 2 - 4 - 6
selebihnya bisa dilihat dari gambar berikut:
                                         Chord Minor
Teknik Bermain Pianika bagi Pemula

Sumber
Reaksi:

About Author

Advertisement

Posting Komentar

 
Top
 
Selamat datang di Web Resmi Madrasah Ibtidaiyah Al Raudlah....... Terima Kasih Atas Kunjungan Anda........